Yohanes 4:46 Maka Yesus kembali lagi ke Kana di Galilea, di mana la membuat air menjadi anggur. Dan di Kapernaum ada seorang pegawai istana, anaknya sedang sakit. 47 Ketika ia mendengar, bahwa Yesus telah datang dari Yudea ke Galilea, pergilah ia kepada-Nya lalu meminta, supaya la datang dan menyembuhkan anaknya, sebab anaknya itu hampir mati. 48 Maka kata Yesus kepadanya: “Jika kamu tidak melihat tanda dan mujizat, kamu tidak percaya.” 49 Pegawai istana itu berkata kepada-Nya:

“Tuhan, datanglah sebelum anakku mati.” 50 Kata Yesus kepadanya: “Pergilah, anakmu hidup!” Orang itu percaya akan perkataan yang dikatakan Yesus kepadanya, lalu pergi.

51 Ketika ia masih di tengah jalan hamba-hambanya telah datang kepadanya dengan kabar, bahwa anaknya hidup. 52 la bertanya kepada mereka pukul berapa anak itu mulai sembuh. Jawab mereka: “Kemarin siang pukul satu demamnya hilang.” 53 Maka teringatlah ayah itu, bahwa pada saat itulah Yesus berkata kepadanya: “Anakmu hidup.” Lalu ia pun percaya, ia dan seluruh keluarganya.

Beberapa orang harus melihat mujizat terlebih dulu sebelum bisa menerima Yesus sebagai Tuhan. Namun, ada juga yang tidak percaya sekalipun mereka melihat orang mati dibangkitkan.

Apakah Alkitab mengajar bahwa Tuhan tidak lagi memberikan tanda-tanda ajaib?

Matius 12:39 Tetapi jawab-Nya kepada mereka: “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.

Mari kita lihat konteks ayat ini terlebih dulu sebelum kita membuat kesimpulan.

Matius 12.22 Kemudian dibawalah kepada Yesus seorang yang kerasukan setan. Orang itu buta dan bisu, Ialu Yesus menyembuhkannya, sehingga si bisu itu berkata-kata dan melihat. 23 Maka takjublah sekalian orang banyak itu, katanya: “la ini agaknya Anak Daud.” 24 Tetapi ketika orang Farisi mendengamya, mereka berkata: “Dengan Beelzebul, penghulu setan, la mengusir setan.” 38 Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus: “Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu.” 39 Tetapi jawab-Nya kepada mereka: “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.

Yesus baru saja mencelikkan seorang buta di ayat 22, yang membuat orang-orang yang tulus hati mempertimbangkan kemungkinan Yesus adalah Mesias. Namun untuk orang Farisi dan ahli Taurat yang jahat, tidak setia dan munafik di ayat 38, Dia tidak melakukan mujizat istimewa. Yesus tahu mereka tidak akan pernah percaya. Tapi bagi mereka yang mau, Yesus melakukan banyak mujizat.

Matius 15.36 Sesudah itu la mengambil ketujuh roti dan ikan-ikan itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid—murid-Nya, lalu murid-murid-Nya memberikannya pula kepada orang banyak. 37 Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, tujuh bakul penuh. 38 Yang ikut makan ialah empat ribu laki-laki, tidak termasuk perempuan dan anakanak. 39 Lalu Yesus menyuruh orang banyak itu pulang. la naik perahu dan bertolak ke daerah Magadan.

Mat 16.1 Kemudian datanglah orang-orang Farisi dan Saduki hendak mencobai Yesus. Mereka meminta supaya la memperlihatkan suatu tanda dari surga kepada mereka. 2 Tetapi jawab Yesus: “Pada petang hari karena langit merah, kamu berkata: Hari akan cerah, 3 dan pada pagi hari, karena langit merah dan redup, kamu berkata: Hari buruk. Rupa angit kamu tahu membedakannya tetapi tanda-tanda zaman tidak. 4 Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.” Lalu Yesus meninggalkan mereka dan pergi.

Yang menarik, sejurus setelah Yesus melakukan mukjizat multiplikasi roti dan ikan untuk memberi makan ribuan orang, Yesus mengucapkan kata-kata di atas kepada orang Farisi dan Saduki. Orang munafik tidak akan percaya meskipun melihat mujizat sekalipun. Namun di pihak lain, bagi beberapa orang, mereka HANYA akan percaya jika mereka melihat mujizat.